Header AD

Ads

Kamis, 16 Agustus 2018

Seorang Pegiat Batik Membuat Motif Batik Burung Garuda

Pekanbatiknusantara.com - Banyak cara yang dilakukan orang untuk memeriahkan dan memperingati Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus ini. Di Pekalongan, Jawa Tengah, seorang pegiat batik membuat motif batik Burung Garuda, yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika.

Tema ini ditujukan sebagai pengikat keanekaragaraman suku, bahasa dan agama, namun tetap satu Indonesia.



Failasuf (42), seorang pengrajin batik Asal Wiradesa, Kabupaten Pekalongan ini sudah satu bulan ini mendesain 3 motif batik Garuda. Selain desakan dari pecinta batik, batik dengan motif Garuda tersebut sengaja dibuat dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

"Ini sebagai bentuk ekpresi kami selaku pegiat batik di Pesisir Utara Jawa untuk Indonesia Satu. Keanekaragraman suku, bahasa dan agama adalah kekayaan kita, yang harus kita jaga persatuan dan kesatuannya," jelas Failasuf, kepada detikcom, di Padepokan Batik Pesisir, Jumat (11/08/2017).

Motif burung Garuda rancanganya ini, dipadukan dengan motif Megamendung dan sejumlah karakter khas batik pesisir utara yakni adanya flora fauna, dengan warna yang mencolok. Bahkan, ikut dibatik pula motif bunga matahari sebagai simbol semangat kebhinnekaan, walaupun banyak perbedaan suku, bahasa maupun agama namun untuk satu tujuan, persatuan Indonesia.

Motif Garuda ini dilukis batik di kain jenis sutera yang dibuat sendiri dengan alat tenun bukan mesin (ATBM), berukuran 2,5 meter x 1 meter. Untuk merampungkan satu jenis kain sutera sendiri dibutuhkan waktu hampir satu minggu. Sedangkan untuk membuat batik dari pembuatan motif hingga selesai dibutukan waktu sekitar 20 hari lamanya.

"Batik Garuda Indonesia ini, dibuat dalam rangka memperingati HUT RI ke 72. Saya selaku perajin ingin membuat sesuatu yang unik, yang bisa dinikmati oleh masyarakat, bahwa kita selaku warga Indonesia meskipun beraneka ragram bahasa suku budaya, kita tetap satu dalam Bhinneka Tunggal Ika," beber Failasuf.

Untuk desain batik motif Garuda, seniman batik asal Pekalongan ini telah membuat 3 motif batik yang akan dipasarkan pada bulan kemerdekaan ini. Setiap lembar kain batik ini diberi garis khusus yang dapat mempermudah para penjahit pakaian dalam pemotongan kain.

Sedangkan soal harga, akan dibedakan menjadi 3 sesuai desain motif batik dan tingkat kesulitan dalam pengerjaanya. Rencananya batik dengan motif garuda tersebut akan dibanderol dengan harga kisaran Rp 2 Juta hingga Rp 5 juta rupiah per lembar kain batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog