Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Pekan Batik Pekalongan 2017, Lomba Batik Kreasi Raksasa di Pekalongan


Pemkot Pekalongan menyelenggarakan pekan batik Pekalongan 2017 yang di gelar di kawasan Museum Budaya Jetayu Kota Pekalongan 5 hari, 4 – 8 Oktober 2017.

Pekan batik Pekalongan adalah acara tahunan yang digelar Pemkot Pekalongan. Kali ini mengusung tema “Batik Pekalongan Membingkai Silang Budaya Nusantara”.

Acara diawali oleh festival ‘’Batik Raksasa’’ yang diikuti 7 peserta dari komunitas BBC (Batik Buaran Center, Batik Isada, dan Batik Jenggot Pekalongan.

Batik raksasa ini rencananya akan dipajang hingga akhir acara, dan ditempatkan di sudut sudut kawasan Jetayu. Pakaian batik raksasa ini masing masing memiliki ukuran 5 – 6 meter.

Pekan Batik Pekalongan adalah kegiatan yang dikenal masyarakat luas di Indonesia, bahkan luar negeri.

Kegiatan ini menjadi sebuah strandardisasi dan contoh sebuah kegiatan yang menggerakkan berbagai komponen masyarakat di Pekalongan, sehingga dengan berbagai kegiatan tersebut Kota Pekalongan mendapatkan predikat kota kreatif dari UNESCO bidang seni kriya dan kesenian rakyat pada tahun 2014.

Lomba Kreasi Batik


Semua itu berkat peran serta komunitas ekonomi kreatif di Pekalongan (Quadro Helix) yang terdiri atas paguyuban dan pencinta batik, pelaku seni, budayawan, wirausahawan batik, kuliner, pelaku usaha dan jasa, serta peran Pemerintah Kota Pekalongan.

Acara pekan batik sudah menjadi agenda tetap nasional dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari batik nasional. Kegiatan yang ke-9 ini juga untuk mendukung dan meningkatkan promosi pariwisata, batik, kuliner, dan seni budaya Indonesia di Kota Pekalongan.

Rangkaian kegiatannya: Pameran wisata pekan batik Nusantara. Pameran rumah kreatif batik Pekalongan. Festival kampung wisata kuliner, gelar seni budaya dan pentas bersama.

Arak-arakan batik, lomba kreasi batik tulis/cap raksasa, Jetayu drone fotografi festival, demo membatik, dan talkshow netizen, bumerang batik selfie contest.

Lomba mewarnai batik buketan, lomba rancangan busana batik/tenun dan fashion show, jalan santai wisata kampung batik, festival jamu Jawa Tengah

Tidak ada komentar