Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Batik Pekalongan, Pekan Batik Pekalongan, Kampung Batik Kauman


Kampung Batik ini terletak di kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur yang terkenal sebagai pusat pengrajin batik sejak lama. 
Kampung Kauman disinyalir merupakan kampung pertama yang ada dikawasan pekalongan mengingat dikampung kauman banyak ditemukan rumah-rumah kuno peninggalan di masa lalu dan masjid jami' yang didirikan tahun 1852. 
Selain itu, arsitektur rumah-rumah lawas tempat tinggal perajin dari generasi ke generasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Dugaan kampung batik kauman sebagai kampung tertua di kota pekalongan makin kuat setelah ditemukan batik yang merupakan perpaduan batik arab dengan india yang disebut batik jlampang dan batik pengaruh dari cina yang disebut batik encim yang telah lama di kampung batik kauman. 
Selain itu masyarakat kampung kauman banyak berkecimpung dalam dunia batik terutama membuat batik serta canting yang berlangsung puluhan tahun hingga kini.
Latar belakang inilah sejak tahun 2007 kampung kauman ditetapkan sebagai kampung batik kauman. Semenjak kampung kauman menjadi kampung batik kemajuannya kian pesat hampir kampung ini membuat batik dan beberapa accesoris seperti: tas, sandal, dompet dan accesoris lainnya. 

Kampung Batik Kauman

Menariknya sebagian besar pengrajin memiliki toko atau tempat memajang hasil aneka kerajinan. Kampung batik kauman terus berbenah dengan melengkapi IPAL untuk menanggulangi limbah batik kemudian dilengkapi beberapa fasilitas yang cukup modern seperti batik net misalnya yang dikembangkan untuk memperkaya pengetahuan tentang kampung batik kauman lewat internet kemudian dibentuk kelompok sadar wisata. 
Pembangunan kampung batik kauman yang didirikan tahun 2007 memberi dampak positif bagi perkembangan ekonomi terhadap kampung kauman dan sekitarnya terlihat tumbuh berkembang homestay, hotel yang jumlah cukup memadai kemudian juga banyak berkembang rumah makan atau restoran yang memadai. 
Tak kalah menariknya kampung kauman mendirikan showroom untuk memberi ruang bagi wisatawan untuk mengekspressikan kreasinya membatik diatas kain serta uniknya ketika mengunjungi lingkungan kampung Kauman dapat mudah menemui puluhan kios atau toko yang menjajakan aneka kerajinan hasil karya masyarakat kampung kauman. 
Pembangunan kampung batik kauman juga memberi dampak positif terhadap bangkitnya potensi kampung-kampung batik yang ada disekitar kampung kauman seperti kampung batik Pesindon dan kampung ATBM Modono.
Semenjak kampung kauman menjadi kampung batik berbagai festival batik digelar antara lain pesona batik kauman dan beberapa event lainnya. 

Kesemuanya tak lepas dari peran PNPM Mandiri yang terus mendorong pelatihan dan pembinaan terhadap pengrajin batik dikampung kauman dan masyarakat kauman memanfaatkan semua arahan dan pelatihan yang diberikan PNPM Mandiri secara proporsional sehingga tak heran bila kampung batik Kauman kemudian meraih salah satu desa wisata terbaik 2012 di Indonesia dan penghargaan ini merupakan tantangan tersendiri bagi kampung batik kauman dimasa depan dalam meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menciptakan aneka motif batik yang berwawasan lingkungan.

Tidak ada komentar