Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Generasi Muda Berbakat asal Pekalongan Memeriahkan Arak-Arakan Batik


Arak-arakan Batik kembali digelar di kota Pekalongan pada Sabtu sore kemarin (08/10), dan meskipun saat acara berlangung hujan mengguyur deras namun para peserta pawai melaju terus dan warga Kota Batik  tetap bersemangat menonton serta berfoto atau selfie bareng partisipan pawai.

Mengusung tema “Flora dan Fauna”, para peserta yang terdiri dari 141 siswa-siswi SD, SMP, SMA, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan umum asal Pekalongan menciptakan kostum batik beragam warna dan konstruksi yang memikat, mulai dari pohon, bunga, mangrove, kupu-kupu, panda, hingga dinosaurus; beberapa kostum begitu penuh dengan detail sehingga butuh waktu sebulan untuk membuatnya.

Pawai juga melibatkan Duta Wisata Kota Pekalongan serta beberapa artis Ibukota seperti aktor Pong Harjatmo yang tampil dalam iring-iringan becak di awal acara, sementara Walikota Pekalongan, Alf Arslan Junaid, terlihat berjalan kaki sembari menghampiri dan bersalaman dengan warga kotanya. Arak-arakan yang sudah digelar selama delapan tahun itu dimulai dari Alun-Alun Plaza Pekalongan, Jalan Hayam Wuruk, Pemuda, Diponegoro, dan berakhir di Kawasan Budaya Jetayu, lokasi berlangsungnya Pekan Batik Nusantara 2016.

Selain itu, ada juga performa marching band dari Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Tari Halong oleh siswa kota Pekalongan, Tari Angguk Suko dari Kabupaten Boyolali, Team Hore Kradenan, dan Kesenian Bambu Berisik, dan, untuk penutupan, satu lagi  penampilan marching band dari SMK Medika.

Pak Walikota mengatakan untuk tahun depan ia berjanji akan melibatkan lebih banyak lagi warga kota Pekalongan dalam arak-arakkan tersebut. “Arak-arakan sendiri merupakan kata yang sering dipakai oleh warga Pekalongan untuk pawai atau karnaval,” ungkapnya, dan untuk ke depannya ia berharap kegiatan tersebut akan kian meningkatkan rasa cinta pada batik oleh masyarakat Pekalongan.


2 komentar:

  1. Semoga di masa-masa yang akan datang, event pekan batik tidak hanya menjadi event nasional tetapi event Internasional. Go Batik!!

    BalasHapus
  2. Semarakan Pekan Batik tahun depan..

    BalasHapus