Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

10 Motif Batik Paling Ngetrend Saat Ini

Tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Tanggal tersebut lalu dikukuhkan sebagai Hari Batik Nasional. Hampir semua warga negara Indonesia meramaikan momen Hari Batik Nasional dengan berpakaian batik untuk beraktivitas.

Batik merupakan seni lukis di atas kain bergambar yang memiliki pola. Cara pembuatannya juga dibuat dengan khusus menggunakan zat lilin/malam yang dituliskan pada kain dan dilanjutkan dengan pengolahan yang khas. Seni lukis ini mempunyai banyak motif. Tercatat lebih dari 30 motif batik tersebar di nusantara.

Dalam thread ini, akan dipaparkan 10 motif batik terpopuler yang menjadi trend model batik di Indonesia. Siapa tahu salah satunya bisa menjadi inspirasi dalam memilih motif batik untuk digunakan pada peringatan Hari Batik Nasional.

1. Motif Batik Pekalongan

Dijuluki sebagai kota batik, Pekalongan memiliki motif batik yang paling terkenal dari motif yang lainnya. Letak kota Pekalongan yang strategis membuat motif-motif dari kota tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Motif batik ini didominasi dengan corak fauna dan tumbuh-tumbuhan.

2. Motif Mega Mendung Cirebon

Batik ini mempunyai ciri khas motifnya sendiri, bahkan menjadi salah satu icon dari kota Cirebon. Pola batik mega mendung dipenuhi dengan corak-corak berbentuk awan yang diberi warna gelap seperti biru tua, ungu, hijau tua, merah tua, atau warna gelap lainnya.

3. Batik Solo

Yang menjadi ciri khas dari batik solo adalah warna motifnya yang kecoklatan. Batik solo juga masih menggunakan konsep pembuatan batik yang tradisional yaitu menggunakan bahan alami untuk pewarnaannya. Corak yang paling terkenal dari batik ini adalah gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang sejuk dipandang.

4. Motif Sekar Jagad Yogyakarta

Ingin mempunyai batik yang "Indonesia Banget?" Anda bisa memilih motif batik sekar jagad yang berasal dari Yogyakarta ini. Motif batik ini memiliki filosofi yang unik yaitu diartikan sebagai peta dunia karena bentuknya yang seperti pulau-pulau. Makna sekar jagad sendiri adalah keindahan yang membuat orang terpesona saat melihat batik ini.

5. Motif Batik Keraton

Jika melihat dari sejarahnya, motif batik keraton sangatlah eksklusif karena yang boleh memakai motif batik ini hanyalah Sultan dan anggota keluarganya saja. Hal tersebut dikarenakan penemunya adalah para putri keraton Yogya yang merupakan anggota keluarga Sultan. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang siapa pun boleh memakai motif batik tersebut bahkan bisa kita lihat sudah banyak yang memodifikasinya menjadi batik yang modern.

6. Motif Batik Kawung

Pernah diberi tugas oleh guru seni rupa untuk menggambar batik dengan motif seperti di atas? Yap, jenis motif tersebut adalah motif batik kawung. Motif batik ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Pada zaman dahulu, batik kawung hanya boleh digunakan oleh raja dan permaisurinya. Corak batik ini merupakan gambaran dari buah kawung atau yang biasa kita kenal sebagai buah aren.

7. Motif Batik Jepara

Batik jepara mempunyai dua jenis motif yaitu motif baru dan motif lama. Pola pada motif batik jepara lama lebih menonjolkan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk motif batik jepara baru lebih seperti batik tulis yang memiliki banyak variasi. Batik jepara juga terkenal dengan sebutan batik kartini.

8. Motif Batik Tasikmalaya

Setiap daerah pasti mempunyai ciri khas dan filosofi batik tersendiri, begitu juga motif batik yang berasal dari tanah sunda ini. Batik tasikmalaya pada umumnya bercorak rumput-rumputan, fauna, flora dan corak-corak lain yang berhubungan dengan alam. Untuk warnanya, motif batik ini menggunakan warna biru, coklat dan merah gelap.

9. Motif Batik Malang

Batik malang memiliki pola yang cukup unik, yaitu pola tanaman atau simbol-simbol yang menunjukkan kota malang, contohnya seperti candi yang ada dalam gambar di atas. Warna batik ini juga cenderung cerah, biasanya berwarna dasar biru, ditimpa dengan warna putih lalu ditimpa kembali dengan warna merah.

10. Motif Batik Sidomukti Magetan

Motif batik sidomukti yang berasal dari magetan ini memiliki pola yang khas sekali pada coraknya, yaitu bergambar dasar bambu. Filosofinya sendiri pun unik, bermakna sebagai harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin. Seperti fungsi batik lainnya, batik ini biasa dipakai pada acara resmi atau upacara adat.

Meskipun setiap corak batik memiliki asal daerah masing-masing, namun bukan berarti kita tidak bisa memilih batik dari daerah lain. Batik, apapun asal daerahnya bebas digunakan. Batik telah menjadi kekayaan kita semua. Warisan warga Indonesia yang dipersembahkan kepada siapa saja yang ingin menggunakan pakaian bercitarasa seni tinggi ini.

Batik pun kini sangat mudah kita dapatkan. Di setiap kota besar, ada pusat-pusat batik. Dalam skala nasional sekalipun, ada pusat batik nasional. Misalnya TM Thamrin City, TM Mangga Dua Square atau TM Blok B Tanah Abang yang kemarin dikunjungi Presiden Jokowi bersama Presiden Filipina, Mr. Duterte. Pada kunjungan tersebut, Presiden Jokowi mengajak langsung Presiden Duterte milihat batik.

Untuk acara berskala Internasional juga ada Pekan Batik Nusantara yang diadakan di kota Pekalongan setiap tahun nya.

TM Thamrin City, TM Mangga Dua Square ataupun TM Blok B Tanah Abang sebagai pusat batik nasional, mengumpulkan hasil kerajinan batik se Indonesia. Mulai dari Batik Pekalongan hingga motif batik Papua. Selain mengangkat kelas batik dari bisnis rumahan menjadi bisnis UKM di pusat perbelanjaan, kehadiran trade mall pusat batik nasional tersebut juga memudahkan bagi siapa saja yang ingin membeli batik dengan beragam corak berbeda.

Bagaimana? Sudah menentukan motif batik yang siap dipadupadankan di Hari Batik Nasional hari ini?

(Sumber)

Tidak ada komentar