Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Wastra Indonesia di Los Angeles Fashion Week

Jakarta Desainer Ivan Gunawan akan membawa lini pakaiannya, Jajaka, ke panggung Los Angeles Fashion Week (LAFW) Spring 2016. Peragaan busana untuk koleksi spring 2016 itu akan berlangsung pada 1 Oktober 2016 mendatang di Miracle Mile, Hollywood Atletic Club, Los Angeles.

Ivan akan membawa 18 look untuk koleksi SUQQU dari Jajaka. Ide dasar SUQQU dikutip dari motif-motif wastra yang terdapat di berbagai suku di Indonesia, ia menggabungkannya di atas selembar kain dengan teknik print. Motif dari beberapa suku itulah yang membuat nama koleksinya SUQQU.

"Motif wastra Indonesia dalam teknik print memang telah menjadi ciri khas Jajaka sejak pertama koleksi busana siap pakai ini diperkenalkan," kata Ivan dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (25/8/2016).

Mulanya, Jajaka mengambil bahan yang telah ada di pasaran. Belakangan, sejak produksi terakhir Jajaka yang lalu, Layang-layang, Ivan dibantu INOUI Digital Printing, telah memproduksi kain printing secara mandiri. Sesuai keinginan Ivan, dengan memproduksi bahan sendiri, pembeli Jajaka akan mendapat benda mode yang eksklusif namun tetap dengan harga terjangkau.

Keterlibatan Ivan dalam LAFW adalah berkat undangan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia Los Angeles (KJRI LA) kepada empat desainer asal Indonesia, termasuk Jajaka, untuk tampil di ajang yang berlangsung pada 27 September 2016 hingga 2 Oktober 2016.

KJRI bekerja sama dengan Indonesian Women Alliance yang merupakan aliansi perempuan Indonesia pertama yang resmi dibentuk di Los Angeles pada 2015. Aliansi ini menjadi suatu wadah yang dapat menampung kreativitas, ide-ide cemerlang, dan inspirasi baru dalam rangka peningkatan pemberdayaan kaum perempuan tidak hanya di Los Angeles, Amerika Serikat, dan di Tanah Air, serta berperan secara aktif dalam mempromosikan Indonesia.

Sumber

Tidak ada komentar