Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Beberapa Teknik Membatik di Indonesia


Batik berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa yaitu “amba” yang berarti menulis dan “titik” yang berarti titik. Sejak abad XVII ketika itu, nenek moyang kita telah mengenal sistem melukis pada permukaan daun lontar. Pada masa itu, motif batik di dominasi dengan bentuk tanaman dan binatang. Sejarah pembantikan di Indonesia mulai mengalami perkembangan dan memiliki keterkaitan dengan sejarah kerajaan di Indonesia. Hal ini mempengaruhi pola dan corak perkembangan batik, mulai muncul corak lukisan tanaman, binatang dan perlahan motif beralih ke arah yang lebih abstrak, seperti motif menyerupai awan, wayang, relief hingga candi.

Bahan yang digunakan saat itu adalah kain putih yang merupakan hasil tenunan sendiri. Sedangkan untuk membuat pola dan gambar, menggunakan pewarna alami yang yang berasal dari tumbuhan seperti pohon mengkudu, nila dan soga. Begitu pula dengan soda yang terbuat dari soda abu dan garamnya berasal dari lumpur. Pada zaman ini, kain batik sangat terbatas dan hanya digunakan oleh keluarga kerajaan saja. Lambat laun semakin berkembang dan menjadi pakaian yang digemari oleh rakyat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini yang membuat corak batik kian beragam sesuai dengan minat dan jiwa seni dari para pembuatnya.

Beberapa teknik membatik dari daerah di Indonesia, 

Teknik batik canting tulis

Canting adalah alat yang terbuat dari tembaga berbentuk seperti corong. Canting dipakai untuk membuat batik tulis. Corong di dalam canting berfungsi untuk menorehkan lilin kain batik sesuai pola yang sudah dibuat. Batik dengan teknik ini bernilai sangat tinggi dan mahal, karena pembuatan yang masih sangat tradisional dan sangat memperhatikan setiap pola seni yang dibuat, teknik ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Teknik batik celup ikat

Teknik yang agak berbeda karena tidak menggunakan malam (lilin). Cara pembuatannya adalah kain diberi kelereng dan diikat sekencang mungkin. Fungsi kelereng didalam kain sebagai pembentuk pola. Teknik ini adalah teknik yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Teknik batik coletan

Teknik batik ini dibuat dengan cara dilukis dengan menggunakan kuas sesuai pola yang sudah dibuat. Kuas dalam teknik membatik ini berbentuk sapu dalam ukuran kecil. Teknik ini terlihat mudah, namun tetap saja dibutuhkan ketelitian untuk menciptakan bentuk kesenian batik yang sempurna.

Teknik batik cap

Teknik batik ini, cap menggunakan canting. Perbedaan dengan canting tulis, canting dengan teknik cap ini terbuat dari kepingan plat atau logam berbentuk gambar yang menonjol. Kelebihan dari teknik cap adalah bentuknya yang rapih, pembuatannya cepat dan harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

Teknik batik printing

Seiring berjalannya waktu, teknik batik sudah semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan munculnya teknik batik printing. Teknik ini memerlukan alat teknologi canggih untuk membuat pola dan menggambarnya sedemikian rupa, kemudian dicetak/ print di kain yang sudah disediakan. Teknik printing membatik banyak digunakan di pabrik tekstil, karena dapat menghasilkan jumlah banyak dan waktu yang singkat. Batik printing sering dibuat di Cina, kain yang diciptakan di Cina berwarna cerah dan mencolok dan tidak muduh luntur.

1 komentar: