Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Pekalongan Pekan Batik Nusantara 2016

Batik saat ini dinilai telah bertransformasi dari karya seni tradisional menjadi mahakarya seni internasional dan menjadi salah satu ikon produk budaya kebanggan bangsa indonesia yang senantiasa dibanggakan dan perlu dilestarikan. batik punya kontribusi besar sebagai identitas nasional. bahkan, indonesia sudah begitu dikenal diseluruh dunia dengan produk batiknya. kita harus bangga dengan batik, orang asing saja suka karena memiliki estetika bernilai seni dan nyaman dipakai.

Batik indonesia telah mengalami kemajuan yang luar biasa dalam 10 tahun terkahir. hal itu terlihat baik dari variasi desain , motif maupun warna. ada renaissance (kebangkitan kembali). warnanya yang tadinya kurang menarik yaitu tua gelap sekarang menjadi lebih berwarna, modern. variasinya juga kuar biasa sangat stylish.berbagai upaya mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerjainannya, terutama di dalam negeri , mulai gencar , diharapkan mampu membuka peluang pasar dan menarik minat para pengusaha, investor serta institusi yang mempunyai daya jual tinggi sehingga mampu meningkatkan tarif hidup perekonomian para pengrajinnya. promosi batik melalui pameran dapat memberi ruang dan kesempatan bagi masyarakat perajin dan pengusaha batik untuk aktif memamerkan dan memasarkan karya-karyanya, sehingga mampu memenuhi standar kualitas batik baik secara nasional dan internasional serta semakin populer .

Era kebangkitan batik indonesia itu harus dimanfaatkan secara maksimal dengan terus melakukan inovasi sesuai keinginan pasar. memasuki pasar bebas masyarakat ekonomi asean, pekan batik ke-7 yang akan diselenggarakan pemerintah kota pekalongan menampilkan :
"Kibar budaya, jelajah pesona wastra"

Panitia pada tahun ini akan membangun 250 stand pameran dan kuliner. pemkot pekalongan akan memfasilitasi 40 ukm Kota Pekalongan/Paguyuban Batik di kota Pekalongan dan daerah lain penghasil batik se-Nusantara serta 50 UKM dibidang kuliner. adapun untuk partisipasi dari berbagai instansi di Indonesia disediakan 160 stand pameran dan kuliner. target kunjungan sebanyak 100 ribu orang wisatawan. Pekan batik dilaksanakan tanggal 4-9 oktober 2016 dalam rangka menyambut dan memperingati hati batik ke-7 yang jatuh pada Tanggal 2 Oktober .

1 komentar: