Header Ads

Pekan Batik Pekalongan 2017

Alasan Mengapa Kamu Harus Berkunjung ke Pekan Batik Nusantara 2016

Suku dan budaya Indonesia sangatlah beragam, namun Indonesia tak pernah lupa untuk terus memperkenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia kepada dunia. Salah satunya adalah batik Indonesia.

Pekan Batik Nusantara atau lebih dikenal dengan Pekalongan Batik Week adalah salah satu wadah di mana batik akan menjadi artis utama dalam pagelaran event tahunan yang sudah menginjak tahun ke 8. Di tahun ini, Pekan Batik Nusantara akan diselenggarakan selama 6 hari, mulai 4-9 Oktober 2016 di Kawasan Budaya Jetayu, Kota Pekalongan.

Pagelaran yang merupakan serangkaian acara menyambut Hari Batik ke-7 ini akan menghadirkan 250 stand yang terdiri dari 160 stand untuk pameran dan 100 stand untuk festival kuliner. Membayangkan banyaknya stand, acara ini pasti akan sangat meriah. Beneran kamu nggak ingin datang ke Pekan Batik Nusantara 2016 ini?

Berikut ini alasan mengapa kamu harus ke Pekan Batik Nusantara Bulan Oktober ini!

1. Kamu bisa melihat pameran batik Nusantara

Pameran batik ini akan diselenggaran sebagai serangkaian acara pekan batik nusantara yang bisa kamu nikmati mulai 4-9 Oktober 2016. Dalam pameran batik ini, kamu bisa melihat berbagai jenis batik mulai dari batik daerah, batik anak muda/distro, desain batik dan aplikasinya, museum batik, hingga hasil penelitian batik.

Seru banget, kan? Kamu bisa melihat pameran batik hingga 6 hari penuh, lho!

2. Ada Gala Dinner dan Fashion Show Mahakarya Batik Pekalongan

Pejabat pemerintah mulai dari menteri,pejabat daerah, hingga umum juga ikut memeriahkan gala dinner dan fashion show mahakarya batik Pekalongan. Malam di tanggal 4 Oktober 2016 akan semakin menyenangkan dengan mengikuti gala dinner dan melihat peragaan batik.

3. Bisa membatik bersama wapres dan selebriti

Nah, siapa sih yang nggak mau ketemu orang nomor dua di Indonesia? Apalagi sampai diajak membatik bareng. Selebriti juga ikut memeriahkan kegiatan membatik bersama. Kamu yang pengen selfie bareng artis sambil membatik cocok banget ikutan acara ini.

Kegiatan membatik bersama ini diselenggarakan pada 4 Oktober 2016. Catat tanggalnya, ya!

4. Kamu yang butuh motivasi dan inspirasi juga bisa ikut seminar nasional “Perlindungan Batik Nasional”

Memilih hari kedua, atau tanggal 5 Oktober 2016 kamu bisa mengikuti seminar batik nasional dengan tema “Perlindungan Batik Nasional” yang dibertajuk “Kebangkitan dan Transformasi Batik Menuju Mahakarya Wastra Dunia”

Selain melihat keseruan expo, kamu juga bisa belajar dalam seminar ini. Seru banget, kan?

5. Kamu pecinta kuliner? Di Pekan Batik Nusantara juga ada festival kuliner Jawa Tengah, lho!

Dengan stand kuliner sebanyak 10 stand, kamu bisa mencicipi keragaman kuliner Jawa Tengan di Pekan Batik Nusantara 2016 ini. Dijamin kamu bakalan kenyang jika mencicipi semua makanan di Pekan Batik Nusantara ini.

Nah, stand festival kuliner Jawa Tengah ini bisa kamu nikmati mulai 4-9 Oktober 2016, atau 6 hari penuh selama acara.

6. Menikmati pagelaran seni dan budaya

Mulai 5-9 Oktober 2016, pagelaran seni dan budaya akan menemanimu menghabiskan waktu di Pekan Batik Nusantara ini. Kamu nggak bakalan bosan ketika datang ke Pekan Batik Nusantara ini karena akan ada hiburan pagelaran seni dan budaya selama 5 hari.

7. Ada lomba fotografi wisata kampung batik, lomba suvenir batik, dan lomba desain batik tenun juga, lho!

Alasan ke tujuh ini harusnya membuatmu ngiler dengan Pekan Batik Nusantara ini. Well, saat ini semua orang suka traveling dan suka mengabadikan momen mereka dalam bentuk foto. Daripada cuma upload di instagram, kenapa kamu nggak ikutan lomba fotografi dalam serangkaian acara Pekan Batik Nusantara ini aja?

Selain lomba fotografi, ada juga lomba souvenir batik dan desain batik tenun. Pekan Batik Nusantara ini bakalan membuatmu nggak bosan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Kalau kamu tertarik, lomba ini dijadwalkan pada 7 dan 8 Oktober 2016.

8. Arak-arakan batik (pekalongan batik carnaval) yang meriah

Carnaval ini akan sangat meriah dengan arak-arakan batik. Kamu harus siap-siap membawa kameramu untuk mengabadikannya dalam foto dan video menarik pada tanggal 7 Oktober 2016. Jangan kaget jika ada banyak orang yang juga berebut tempat untuk mengabadikan momen ini, karena inilah event yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

9. Teatrikal batik on the street

Nah, untuk kamu yang suka dengan seni peran, Pekan Batik Nusantara juga akan menampilkan teatrikal batik on the street untuk menghibur masyarakat.

3 komentar:

  1. Menarik sekali acaranya, boleh tahu harga tiketnya berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera registrasikan diri Anda di menu Registrasi. Terimakasih

      Hapus
  2. Nggak rugi deh datang ke pekan batik nusantara ini. Semoga tahun depan berkesempatan datang lagi

    BalasHapus